a Note from me

Perkataan dapat menyebabkan keajaiban, tetapi juga dapat menyebabkan kesalahan besar. Apa yang kita katakan menentukan kedudukan kita. Jika kita memperkatakan kegagalan, kekalahan, kekuatiran, ketidakpercayaan maka itulah yang terjadi. Tetapi sebaliknya jika kita memperkatakan keberhasilan, kemenangan, kebahagiaan, maka itulah yang terjadi dalam hidup kita.
PIKIRKANLAH DAN PERKATAKANLAH.

Jumat, 06 April 2012

TUJUH KUASA DALAM DARAH YESUS

Tujuh Kuasa Dalam Darah Yesus


Dosa adalah hutang darah, hutang nyawa (Kej. 2:17). Allah harus menumpahkan darah hanya untuk menutupi kesalahan Adam dan Hawa (Kej. 3-17). Sebelum kejatuhan manusia kedalam dosa, manusia bebas berkomunikasi dengan Allah. Tetapi dosa mengakibatkan manusia hanya dapat berkomunikasi dengan Allah melalui penumpahan darah (Kej. 4:3-5).


Perjanjian Lama mengajarkan tentang Perjanjian darah melalui domba yang disembelih. Dalam Perjanjian Baru, Yesus adalah Anak Domba Paskah bagi kita yang percaya. Yesus telah mati, darahNya bagi kita yang percaya?

1. Kuasa untuk menebus

Setiap orang berdosa statusnya tergadai, sebab oleh pelanggarannya membuat dirinya menjadi milik dosa, tawanan oleh kuasa dosa. Yesus membeli kita kembali (menebus) kita dari perbudakan dosa. Maka aku melihat...Berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu ditangan Dia yang dudukdi atas tahta. Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, masing-masing memegang satu kecapi dansatu cawan emas, penuh dengan kemenyan : itulah doa oran-orang kudus. Dan mereka manyanyikan suatu nanyian baru katanya: “ Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka materai-materainya; karena Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. (Why. 5:6-9).
    Yesus menebus kita dari kesia-siaan : “ Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, “melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat (Pet. 1:18-19).Yesus menebus kita dari keinginan diri sendiri:Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! (Kor. 6:20).
              
  • 2. Kuasa untuk Menghapus Dosa (Yoh. 1:29)
    • Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia (Yoh. 1:29). Darah Yesus menghapus dosa kita lebih dari darah lembu atau domba yang dikorbankan dalam Perjanjian Lama( lm. 4-6 ). Allah tidak mengingat-ingat lagi dosa kita.
    • 3. Kuasa untuk Menyucikan
      Menyucikan hati nuraani kita dari perbuatan yang sia-sia.Betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup ( lbr. 9:14 ).

      Menyucikan perbuatan-perbuatan kita:

      Maka kataku kepadanya: “ Tuanku, tuan mengetahuinya.” Lalu ia berkata kepadaku: “ Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Darah ( Why. 7:14 ).

      Bilur-bilur Yesus Menyucikan kejahatan kita:


      Bilur-bilur yang berdarah membersihkan kejahatan, dan pukulan membersihkan lubuk hati ( Amsal 20-30 ).
4. Kuasa untuk Melindungi/ Proteksi ( kel. 11-12 )


5 Maka tiap-tiap anak sulung di tanah Mesir akan mati, dari anak sulung Firaun yang duduk di tahtanya sampaiu kepada anak sulung budak perempuan yang menghadapi batu kilangan, juga segala anak sulung hewan. 6 Dan seruan yang hebat akan terjadi di seluruh tanah Mesir, seperti yang belum pernah terjadi dan seperti yang tidak akan ada lagi. 7 Tetapi kepada siapa juga dari orang Israel, seekor anjingpun tidak akan berani menggonggong, baik kepada manusia maupun kepada binatang, supaya kamu mengetahui, bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel. ( Kel. 11:5-7 ).


6........lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelih pada waktu senja. 7 Kemudian daari darahnya haruslah diambil sedikit dan dibubuhkan pada kedua tiang pintu pada ambang atas, pada rumah-rumah dimana orang mamakannya.


8 Dagingnya harus dimakan mereka pada malam itu juga; yang dipanggang mereka harus makan dengan roti yang tidak beragi beserta sayur pahit. ( Kel. 12: 6-8 ).


12 Sebab pada malam ini Aku akan menjalani tanah Mesir, dan semua anak sulung, dari anak manusia sampai anak binatang, akan Kubunuh, dan kepada semua allah di Mesir akan Kujatuhkan hukuman, Akulah TUHAN. 13 Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir. ( Kel. 12:12,13 )


darah domba menjadi tanda yang membedakan orang Israel dan orang Mesir, orang percaya dan orang yang tidak percaya. Darah Yesus membungkam mulut iblis, yang setiap hari mendakwa kita:


10....... “ Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintah Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita. 11  Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. ( Why.12:10-11 ).


5. Kuasa untuk menyembuhkan (Yesaya 53:5)


53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

6.   Kuasa untuk Menjadikan kita Imamat Yang Rajani ( I Pet. 2:9,10 )


23 Domba jantan itu disembelih, lalu Masa mengambil sedikit dari daridarahnya dan membubuhkannya pada cuping telinga kanan Haru, pada ibu jari tangan kana dan pada ibu jari kaki kanannya. 24 Musa menyuruh anak-anak Harun mendekat, lalu membubuh sedikit dari darah itu pada cuping telinga kanan mereka, pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanan mereka, lalu Musa menyiramkan darah selebihnya pada mezbah sekelilingnya. ( Im. 8: 23,24 )


darah Yesus memberkati pendengaran kita, membuat kita taat, tangan atau perbuatan kita, kaki atau perjalanan hidup kita. Darah Yesus membuat kita dapat langsung berhubungan dengan Bapa di Sorga.

9 Dan mereka menyanyikan sesuatunyanyian baru katanya: “ Engkau layak........ karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. 10 Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi imim-imim bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai raja di bumi. “ ( Why.5:9,10).


Ketika Yesus mati dikayu salib, tagbir bait suci terbelah dari atas sampai bawah.


Dan lihatlah, tabir Bait Suci tebelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah, ( Mat. 27:51 )


Sistem keimaman yang dalam Perjanjian Lama hanya dipegang oleh Suku Lewi, sekarang dihapusan. Semua kita yang percaya menjadi imamat rajani, bebas beerhubungan dengan Bapa.


9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah,tetaapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihi tetapi yang sekarang beroleh belas kasih. ( I Peet. 2:9,10 )






7.   Kuasa untuk mebawa kita mengalami Perjanjian Berkat ( Mat. 26:28 )


Yesus membuat suatu Perjanjian yang baru dimeteraikan oleh darahNya. DarahNya adalah darah perjanjian.


Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumapahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. ( Mat. 26:28 ).


Oleh Darah Yesus, kita yang percaya masuk gerbang hukum perjanjian berkat ( Ibr. 9:15-20 ). DarahNya membawa anugerah hidup dalam segala kelimpahan.


Edited from Artikel GBIS
By. Hanny Hartanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar