a Note from me

Perkataan dapat menyebabkan keajaiban, tetapi juga dapat menyebabkan kesalahan besar. Apa yang kita katakan menentukan kedudukan kita. Jika kita memperkatakan kegagalan, kekalahan, kekuatiran, ketidakpercayaan maka itulah yang terjadi. Tetapi sebaliknya jika kita memperkatakan keberhasilan, kemenangan, kebahagiaan, maka itulah yang terjadi dalam hidup kita.
PIKIRKANLAH DAN PERKATAKANLAH.

Senin, 30 Agustus 2010

PENYAKIT KETURUNAN???


Banyak orang ketika memasuki usia setengah baya menderita penyakit yang sama dengan orang tua mereka, seperti DIABETES, HIPERTENSI, JANTUNG dan KANKER. Saat hal itu terjadi, sebagian orang berkata,: "Memang tidak mungkin saya terhindar dari kanker karena penyakit kanker diturunkan dalam keluarga saya." Namun itu tidak benar. Mungkin ada faktor genetis berperan, tetapi penyebab terbesar penyakit keturunan adalah mewarisi kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan penyakit tersebut.

Kebiasaan-kebiasaan di rumah secara tidak disadari terpatri dalam benak anak-anak selama mereka dibesarkan.Kesukaan akan jenis makanan tertentu, cara memasak,gaya hidep, dan nilai-nilai beragam antara keluarga satu dengan yang lain. Namun orang tua dan anak-anak yang tumbuh dalam rumah tangga yang sama memiliki kesukaan yang hampir sama. Dengan kata lain anak-anak cenderung menderita penyakit yang sama dengan orang tua mereka. bukan karena mewarisi gen yang menyebabkan penyakit itu. tapi karena mereka mewarisi kebiasaan dan gaya hidup yang menyebabkan penyakit tersebut.

Jika mewarisi kebiasaan yang baik, seperti memilih bahan makanan yang segar, menjalani gaya hidup yang baik dan tidak banyak minum obat, kelak anak-anak akn lebih mudah menjaga kesehatannya. Namun dengan mewarisi kebiasaan yang buruk seperti mengkonsumsi makanan yang teroksidasi,terlalu banyak tergantung pada obat-obatan, anak-anak tersebut cenderung menjadi tidak sehat.

Kita dilahirkan dengan faktor-faktor keturunan tertentu, tetapi kebiasaan dapat diubah dengan kekuatan usaha. Bergantung pada akumulasi berbagai kebiasaan, faktor-faktor keturunan dapat berubah menjadi hal yang positif atau negatif. Kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat menyelamatkan anda juga dapat menyelamatkan generasi berikutnya.

Fr. Hiromi Shinya's Book

Tidak ada komentar:

Posting Komentar